PIMPINAN PUSAT ‘AISYIYAH
‘AISYIYAH PUSAT

Luwes Luas Kader 'Aisyiyah, Bergerak di Masa Pandemi

Luwes Luas Kader 'Aisyiyah, Bergerak di Masa Pandemi

Sabtu, 03 April 2021

"Pada situasi pandemi yang tidak mudah ini, 'Aisyiyah terus bergerak menjalankan roda organisasi dengan penuh kesungguhan, pengkhidmatan, dan keikhlasan berdakwah mengemban misi pencerahan dan rahmatan lil alamin dalam segala aspek kehidupan." Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat 'Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini dalam acara Silaturahim dan Konsolidasi Nasional Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Daerah 'Aisyiyah pada Sabtu (3/4)

Mengambil tema "Dakwah Merekat Persatuan dan Dinamisasi Kepemimpinan jelang Muktamar ke-48 di Surakarta." Kegiatan konsolidasi pimpinan ini selain sebagai wadah silaturahim juga mendialogkan masalah-masalah penting organisasi, menyamakan persepsi dan mengagendakan langkah-langkah strategis organisasi dalam menjalankan dakwah 'Aisyiyah secara umum dan secara khusus dakwah merawat persatuan.

Noordjannah menyebutkan bahwa bangsa Indonesia memiliki kekayaan keragaman suku, ras, etnis, budaya, dan agama merupakan sunatullah yang harus dihargai dan dihormati oleh semua warga bangsa. Akan tetapi sebagai bangsa yang besar dan majemuk menurut Noordjannah tentu dihadapkan pada berbagai permasalahan dan tantangan dari kemajemukan tersebut. Oleh karena itu, gesekan-gesekan yang terjadi di masyarakat penting menjadi perhatian bersama termasuk perhatian 'Aisyiyah.

"Tantangan dan permasalan yang semakin komplek tersebut memerlukan Kepemimpinan Aisyiyah yang makin dinamis, kepemimpinan transformative, inklusif, responsive, luwes-luas dengan mengembangkan pandangan, sikap, dan tindakan yang berwatak tengahan dengan perspektif Islam wasatiyah (tengahan) berkemajuan, " tegas Noordjannah.

Dalam kesempatan ini Noordjannah mengapresiasi para Pimpinan Wilayah dan Daerah 'Aisyiyah atas kiprah yang tidak kenal lelah dalam menggerakkan 'Aisyiyah di tempat masing-masing. "Gerakan Aisyiyah Perempuan Muhammadiyah ini maju dan berkembang secara luas di seluruh tanah air, " tutur Noordjannah.

Noordjannah berharap semua pimpinan 'Aisyiyah terus melakukan peningkatan pemahaman keislaman yang mendalam dan luas sebagaimana pandangan Tarjih dalam pendekatan bayani, burhani, dan irfani agar mampu memandu kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat. Selain itu juga penting ditingkatkan peneguhan ideologi agar mampu mengawal 'Aisyiyah selaras keyakinan dan cita-cita, kepribadian, khittah, dan koridor organisasi di tengah dinamika paham dan gerakan yang berkembang dimasyarakat. "Para pimpinan 'Aisyiyah juga harus terus memperluas wawasan pemikiran agar mampu hadir sebagai suluh kemajuan anggota, umat, dan bangsa serta meningkatkan usaha-usaha nyata yang unggul mencerahkan untuk menjadikan 'Aisyiyah sebagai Gerakan Perempuan Islam Berkemajuan." (Suri)

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

(QS. Ali 'Imran: 104)

Jl. Menteng Raya No. 62, 10340, Jakarta Pusat Telp/Faks: 021-3918318
Jl. Gandaria I/1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan Telp/Faks: 021-7260492
Jl. KH. A. Dahlan 32, Yogyakarta 55161. Telp/Faks: 0274-562171 | 0274-540009