PIMPINAN PUSAT ‘AISYIYAH
‘AISYIYAH PUSAT

Milad 106th 'Aisyiyah, PWA Aceh Kuatkan 10 Komitmen 'Aisyiyah

Milad 106th 'Aisyiyah, PWA Aceh Kuatkan 10 Komitmen 'Aisyiyah

Jumat, 14 Juli 2023

BANDA ACEH – Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah mengadakan peringatan Milad ke-106 tahun di, Ulee Lheue pada Rabu (12/06/2023). Acara ini juga merupakan ajang silaturahmi dan pengukuhan pengurus Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Aceh periode 2022-2023 serta orasi ideologi, politik, dan organisasi yang disampaikan oleh penasihat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh, Prof. Alyasa’ Abuabakar.  Selain itu dilakukan juga MoU Co-Branding dengan Bank Bukopin Syariah. Hadir di peringatan Milad, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh, A. Malik Musa; Wakil Ketua PWM sekaligus Rektor UNMUHA Aceh, Aslam Nur; dan Wakil Ketua PWM, M. Yamin. 

Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Aceh, Ashraf, menyampaikan 10 komitmen ‘Aisyiyah dalam memajukan peradaban bangsa, “Banyak problematika umat berkaitan dengan persoalan perempuan yang membutuhkan peran-peran perempuan. Kepemimpinan perempuan terus dibutuhkan, ‘Aisyiyah harus mengambil peran sesuai dengan 10 komitmen ‘Aisyiyah, meliputi penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, pelestarian lingkungan, penguatan keluarga sakinah, pemberdayaan masyarakat, filantropi berkemajuan, aktor perdamaian, partisipasi publik, kemandirian ekonomi, peran kebangsaan,dan kemanusiaan universal.”

Ketua panitia peringatan Milad, Harbiyah A. Gani, menyampaikan bahwa peringatan milad berarti refleksi dan evaluasi. Beberapa rangkaian acara milad ‘Aisyiyah ke-106 ini sudah dilaksanakan sebelumnya, yaitu Bimbingan Perkawinan bagi usia pranikah. ‘Aisyiyah Aceh juga bekerja sama dengan beberapa lembaga termasuk Bank Bukopin Syariah, TVRI Aceh untuk sosialisasi, dan mengantarkan daging kurban ke Teluk Nibung, Pulau Banyak, Aceh Singkil. 

“Peringatan milad ini juga merupakan silaturahmi pengurus dan anggota ‘Aisyiyah periode 2022-2027 sekaligus pengukuhan. Di akhir acara ini kami akan mengadakan penandatanganan MoU dengan Bank Bukopin Syariah,” kata Harbiyah.

Dalam orasi ideopolitor yang disampaikan Prof. Alyasa’ mengatakan bahwa Muhammadiyah terus mendorong perempuan mengambil peran di ranah publik, bahkan dalam pedoman keluarga sakinah yang dikeluarkan oleh PP Muhammadiyah, porsi peran laki-laki dan perempuan dalam keluarga pun relatif seimbang. 

Ashraf juga menyampaikan, ‘Aisyiyah sebagai organisasi perempuan yang bergerak di bidang keagamaan, sosial, dan kemasyarakatan yang terbesar di Indonesia dan terus mendukung para anggotanya mengambil peran-peran strategis di dalam masyarakat untuk memajukan peradaban bangsa. Sebagaimana majelis-majelis dan lembaga dalam struktur kepengurusan yang dibacakan oleh Wakil Sekretaris Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Aceh, Aslinar, bahwa peran-peran kepemimpinan ‘Aisyiyah meliputi bidang-bidang yang sesuai dengan 10 komitmen ‘Aisyiyah yang disampaikan oleh ketua PWA dalam sambutannya. [Rilis PWA Aceh]
 

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

(QS. Ali 'Imran: 104)

Jl. Menteng Raya No. 62, 10340, Jakarta Pusat Telp/Faks: 021-3918318
Jl. Gandaria I/1, Kebayoran Baru, 12140, Jakarta Selatan Telp/Faks: 021-7260492
Jl. KH. Ahmad Dahlan Nomor 32, 55161, Yogyakarta Telp/Fax: 0274-562171 | 0274-540009