PIMPINAN PUSAT ‘AISYIYAH
‘AISYIYAH PUSAT

Percepat Gerakan Sedekah Sampah, LDK PWM DIY Selenggarakan Rakor Komunitas

Percepat Gerakan Sedekah Sampah, LDK PWM DIY Selenggarakan Rakor Komunitas

Sabtu, 09 September 2023

Yogyakarta - Bertempat di Kebun Dakwah Muhammadiyah Kota Jogja, Lembaga Dakwah Komunitas Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (LDK PWM DIY ) selenggarkan rapat koordinasi percepatan Gerakan Sedekah Sampah (GSS). Acara yang berlangsung pada Rabu (6/9/23) ini dihadiri oleh Pimpinan Majlis, Lembaga & Ortom PWM DIY ; MLH , Dikdasmen & NF, LPCR, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, IPM, IMM, HW, Lazismu, & Komunitas Panti Asuhan Muhammadiyah. 
 
Ananto Isworo Ketua LDK PWM DIY menyampaikan tujuan rapat koordinasi ini adalah berperan dalam penanganan darurat sampah di Jogja, Mencetuskan Gerakan Sedekah Sampah secara berjamaah dan terorganisir berbasis AUM (sekolah, masjid & panti asuhan)
Dan Mengembangkan semangat ta'awun antar amal usaha (sekolah & panti asuhan). Harapan kedepan program GSS secara optimal terlaksana dengan baik dan terorganisir, Munculnya GSS di seluruh AUM se DIY melalui piloting AUM sekolah & panti asuhan, dan Terpenuhinya sarana pendidikan di AUM sekolah & panti asuhan Muhammadiyah hasil dari gerakan sedekah sampah (GSS). 
 
Hasil dari rakor disepakati pembagian peran dan tugasnya , LDK PWM DIY sebagai koordinator program GSS, Dikdasmen PNF akan memilih sekolah (SMA/SMK/MA) di kota jogja, sleman, bantul unt dijadikan piloting, karena 3 daerah tersebut terimbas penutupan TPST Piyungan, MLH akan melaksanakan monitoring atas keterlaksanaan program GSS di sekolah yang ditunjuk oleh dikdasmen pnf, Lazismu menyediakan keranjang GSS sesuai sekolah yang ditetapkan, LPCR mensosialisasikan ke cabang, ranting, masjid dan mencari bbrp masjid untuk dijadikan piloting program GSS dari jogja, sleman, bantul (daerah yang terimbas penutupan tpst piyungan), kemudian ikut serta menggerakkan program GSS ini dan Ortom (IPM, NA, IMM, HW) ikut serta mensosialisasikan dan menggerakkan GSS di tempat binaanya dan basis gerakanya, demikian ananto isworo menambahkan.

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

(QS. Ali 'Imran: 104)

Jl. Menteng Raya No. 62, 10340, Jakarta Pusat Telp/Faks: 021-3918318
Jl. Gandaria I/1, Kebayoran Baru, 12140, Jakarta Selatan Telp/Faks: 021-7260492
Jl. KH. Ahmad Dahlan Nomor 32, 55161, Yogyakarta Telp/Fax: 0274-562171 | 0274-540009