PIMPINAN PUSAT ‘AISYIYAH
‘AISYIYAH PUSAT

RS PKU ‘Aisyiyah Jepara, Bukti Trengginasnya Perjuangan ‘Aisyiyah Menolong Umat

RS PKU ‘Aisyiyah Jepara, Bukti Trengginasnya Perjuangan ‘Aisyiyah Menolong Umat

Sabtu, 10 April 2021

“Ibu-Ibu 'Aisyiyah ini luar biasa, trengginas untuk perjuangan menolong umat.” Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara, Edi Sujatmiko saat mengisi Peresmian RS PKU ‘Aisyiyah Jepara dan Sosialisasi Pelayanan BPJS pada Sabtu (10/4). Edi Sujatmiko menjadi saksi bagaimana begitu bersemangatnya para Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Jepara bersama jajaran RS PKU ‘Aisyiyah Jepara dalam proses peresmian RS PKU 'Aisyiyah Jepara dan proses kerjasama dengan layanan BPJS.

Ketua PDA Kabupaten Jepara, Sugiarti menyampaikan bahwa cikal bakal Rumah Sakit ini adalah Rumah Bersalin yang bernama Siti Khodijah yang kemudian meningkat menjadi RS Ibu dan Anak dan mulai tahun 2020 sudah beroperasi sebagai RS PKU ‘Aisyiyah Jepara. “Alhamdulillah dengan kerja keras kerja, kerja cerdas, kerja kualitas, kerja tuntas, kerja ikhlas dari direktur pada hari ini diresmikan sebagai RSU PKU 'Aisyiyah Jepara dan alhamdulillah telah bekerjasama dengan BPJS.”

Ummul Baroroh, Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah yang turut hadir dalam acara mengapresiasi capaian yang telah diraih oleh jajaran PDA bersama jajaran RS ini. Disampaikan oleh Ummul bahwa pendirian RS merupakan salah satu aktualisasi dakwah ‘Aisyiyah kepada masyarakat untuk membantu kesejahteraan dan kesehatan masyarakat secara umum. “Ini merupakan bukti bahwa ‘Aisyiyah melintas batas dakwahnya kepada seluruh lapisan masyarakat, seperti asal mula nama PKU yang merupakan Penolong Kesengsaraan Oemom yang tidak membedakan suku agama dan golongan apapun yang merupakan manifestasi islam _rahmatan lil alamin_.”

Apresiasi juga turut disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah (PP ‘Aisyiyah), Siti Noordjannah Djohantini yang mengaku mengetahui bagaimana berjihadnya ibu Direktur dan ibu-ibu PDA yang sedemikian rupa hingga saat RS PKU ‘Aisyiyah Jepara telah resmi didirikan. “Saya percaya ibu-ibu dengan keuletan, keramahan, keriangan, kesungguhan, dan keikhlasan Insya Allah RS ini akan menjadi RS yang semakin baik berkembang dan memberikan pelayanan prima bagi masyarakat luas dan menjadi bagian dari kita mengikhtiarkan nilai-nilai dakwah persyarikatan.”

Disampaikan oleh Noordjannah, di manapun berada, warga Muhammadiyah ‘Aisyiyah tidak akan pernah berhenti, disebutnya selalu kliyegan dan selalu ulik untuk bisa berbuat bagi masyarakat dan bangsa. “Orang Muhammadiyah ‘Aisyiyah ini tidak mau berhenti, kliyegan saja, ulik saja untuk apa sih yg sebenarnya bisa diperbuat sehingga kami percaya kehadiran RS ini akan menambah dan ikut berkontribusi untuk kemajuan Kabupaten Jepara khususnya dalam mengembangkan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Jepara dan sekitarnya.”

Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Indrayana menyebut bahwa hadirnya RS ini yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan merupakan bukti bagaimana gambaran identitas Islam yang sebenarnya bahwa Islam bukan rahmat bagi umat Islam semata tapi rahmat bagi seluruh alam, umat, dan suku bangsa di Indonesia.

Direktur RS PKU Aisyiyah Jepara, Elfira Fawzia menyampaikan rasa syukurnya karena sejak bulan Maret 2021 RS PKU 'Aisyiyah Jepara sudah bisa menerima pasien BPJS Kesehatan baik rawat jalan maupun rawat inap."

RS PKU 'Aisyiyah Jepara yang beralamat di Jl. Brigjen Katamso 18 Jepara ini juga memiliki layanan dan dokter spesialis baru untuk menunjang pelayanan yang ada. “Karena kami sekarang sudah menjadi rumah sakit umum bukan khusus ibu dan anak maka kami menambah pelayanan baru dan dokter spesialis baru untuk menunjang pelayanan di Rumah Sakit kami, seperti dokter penyakit dalam, dokter bedah dan pelayanan radiologi rontgen dan USG,” pungkas dr. Elfira. Selain pelayanan dan dokter spesialis baru RS PKU 'Aisyiyah Jepara juga menambahkan jumlah bangsal pasien yang tadinya 23 tempat tidur menjadi 50 tempat tidur. (Suri)  

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

(QS. Ali 'Imran: 104)

Jl. Menteng Raya No. 62, 10340, Jakarta Pusat Telp/Faks: 021-3918318
Jl. Gandaria I/1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan Telp/Faks: 021-7260492
Jl. KH. A. Dahlan 32, Yogyakarta 55161. Telp/Faks: 0274-562171 | 0274-540009