PIMPINAN PUSAT ‘AISYIYAH
‘AISYIYAH PUSAT

Bupati Sleman : 'Aisyiyah Bantu Pemerintah Berdayakan Lansia

Bupati Sleman : 'Aisyiyah Bantu Pemerintah Berdayakan Lansia

Kamis, 01 Januari 1970

“Selamat Milad ke-105th ‘Aisyiyah, semoga ibu-ibu ‘Aisyiyah khususnya di Kabupaten Sleman yang telah membantu kami terutama bagi para perempuan telah nyata dapat dilihat salah satunya melalui daycare lansia ini.” Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo saat menghadiri peresmian Gedung Daycare Lansia Pimpinan Ranting 'Aisyiyah (PRA) Perumnas Condongcatur pada Sabtu (28/5).

Dalam kegiatan yang juga sekaligus memperingati Milad ke-105th 'Aisyiyah tersebut, Kustini menyampaikan bahwa angka usia harapan hidup Indonesia tertinggi ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tepatnya di Kabupaten Sleman. Oleh karena itu ia berterimakasih 'Aisyiyah telah membantu program pemerintah terkait lansia salah satunya melalui daycare lansia ini. "Oleh karena itu saya berterimakasih, PRA Perumnas Condongcatur ini membuat daycare lansia, membantu program pemerintah, karena harapan hidup yang panjang maka jumlah lansianya banyak, kita di Sleman 15% adalah lansia sehingga dengan bantuan ‘Aisyiyah ini saya merasa senang dan bangga di mana membantu pemerintah dalam penanganan lansia di Sleman."

Kustini berharap agar 'Aisyiyah terus mendorong para lansia dapat berkarya dan diberdayakan. "Walaupun usianya lanjut, bukan berarti tidak bisa apa-apa tetapi dengan diberikan bimbingan dan motivasi dapat tetap berkarya untuk membangun." Lebih lanjut Kustini menyebut melalui berbagai kegiatan, maka ia percaya lansia yang berdaya akan berkembang dari Ranting 'Aisyiyah Perumnas Condongcatur.

"Saya berterimakasih dengan adanya daycare lansia ini, selain tadi disebut ada pondok pesantren, ada posyandunya, ada ketrampilan keseniannya, antara otak kanan dan kiri seimbang, maka insya Allah lansia yang produktif, kreatif, dan inovatif dimulai dari Pimpinan Ranting 'Aisyiyah Perumnas Condongcatur ini," ujarnya.

Ketua Pimpinan Pusat (PP) 'Aisyiyah, Shoimah Kastolani juga menyampaikan rasa bangganya kepada PRA Perumnas Condongcatur melalui sebuah pantun. “Beli sepeda untuk berlomba mengelilingi gempol raya, alangkah Pimpinan Pusat 'Aisyiyah bangga karena Ranting Perumnas Condongcatur ini berjaya,” ujarnya.

Ranting Perumnas Condongcatur ini disebut Shoimah berjaya karena ia dapat melihat deretan amal usahanya dan hari ini telah resmi dibuka amal usaha baru. PRA Perumnas Condongcatur menurut Shoimah telah dengan tekun melaksanakan amanat Tanwir ‘Aisyiyah yang pertama tahun 2018 di Surabaya. Di mana salah satu keputusan Tanwir tersebut adalah agar setiap level ‘Aisyiyah hendaknya merawat, mengembangkan, dan menambah amal usaha baru. 

Berdirinya amal-amal usaha yang dikelola ‘Aisyiyah disebut Shoimah selalu merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat sekitar, demikian halnya dengan Daycare Lansia PRA Perumnas Condongcatur ini. "Sebagai gerakan perempuan berkemajuan yang akan mengusung peradaban utama, tentu saja 'Aisyiyah tidak suka berpangku tangan, tidak suka duduk manis saat melihat masyarakat ingin dilayani, butuh dilayani dan Ranting 'Aisyiyah Perumnas Condongacatur melihat ini bahkan tadi disebut Ibu Bupati bahwa Sleman tertinggi jumlah lansianya." 

Shoimah berhadap di Milad ke-105 ini 'Aisyiyah akan bergerak, menapak perdaban utama, menebar kebaikan, dan memperluas manfaat untuk masyarakat, umat, bangsa, dan negara termasuk beberapa programnya salah satunya sosial protection yakni masalah-masalah sosial. "Social protection bukan hanya seperti panti asuhan tapi kita juga memperhatikan difabel, kelompok minoritas, serta dhuafa." (Suri)

 

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

(QS. Ali 'Imran: 104)

Jl. Menteng Raya No. 62, 10340, Jakarta Pusat Telp/Faks: 021-3918318
Jl. Gandaria I/1, Kebayoran Baru, 12140, Jakarta Selatan Telp/Faks: 021-7260492
Jl. KH. Ahmad Dahlan Nomor 32, 55161, Yogyakarta Telp/Fax: 0274-562171 | 0274-540009