PIMPINAN PUSAT ‘AISYIYAH
‘AISYIYAH PUSAT

'Aisyiyah Bangun Dapur Umum, Fokuskan Pemenuhan Gizi Balita dan Lansia

'Aisyiyah Bangun Dapur Umum, Fokuskan Pemenuhan Gizi Balita dan Lansia

Senin, 15 Februari 2021

Sebagai respon atas kebutuhan para pengungsi bencana gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat , Pimpinan Pusat 'Aisyiyah, bersama Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Daerah mendirikan posko-posko 'Aisyiyah Peduli "Dapur Balita dan Lansia."

Halimah Mide, dari Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Sulawesi Barat menyampaikan bahwa sejak awal terjadinyanya bencana 'Aisyiyah sudah bergerak termasuk berkoordinasi dengan Muhammadiyah. Ia menyampaikan bahwa saat ini sudah berdiri posko di dusun Lombong dan Lombong Timur.

"Sampai saat ini kam sudah memberikan makanan tambahan bagi 33 balita dan 39 lansia dalam satu dusun," ujar Halimah. Selain, itu karena terkendala dengan lokasi, tim relawan juga mendatangi titik titik pengungsian yang berada cukup jauh dari posko. "Kami bekerjasama dengan tim dari MDMC, saat para relawan turun melakukan pendampingan psikososial, kami juga bekali dengan makanan tambahan untuk dapat diberikan kepada anak-anak di sana," ujar Halimah.

Selain memberikan makanan tambahan, Halimah menyampaikan juga diberikan paket bagi balita dan lansia. "Untuk balita kami berikan paket berisi susu, bubur, dan biskuit bayi yang disesuaikan dengan usia mereka, bagi lansia kami meberikan pakaian, peralatan ibadah, sarung, serta pakaian dalam."

Halimah menyampaikan bahwa dari data assesment, dari satu desa saja tercatat terdapat 170 lebih balita. Oleh karena itu ia akan mengupayakan agar posko bantuan ini dapat berdiri di lokasi-lokasi lainnya. Selain itu ia menyampaikan bahwa 'Aisyiyah Muhammadiyah juga mendiskusikan lebih lanjut untuk dapat membantu pengungsi selepas mereka meninggalkan lokasi pengungsian. "Karena mereka akan mengalami kondisi di pengungsian cukup lama kita berharap akan ada tindak lanjut untuk pemenuhan kebutuhan selanjutnya, mengingat banyaknya rumah yang hancur ataupun yang sudah tidak layak huni, kami sudah mendiskusikan dengan Muhamamdiyah rencananya tindaklanjutnya semoga kami bisa membangun huntara."

Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Kabupaten Mamuju, juga mendirikan posko serupa di lokasi pengungsian yang didirikan oleh Ketua PDA Mamuju, Halimah. "Di lokasi pengungsian ini ada sekitar 5-10 balita yang memanfaatkan posko, akan tetapi kami juga mengantarkan bahan baku seperti kacang hijau, telur, susu, terigu, beras ke beberapa lokasi pengungsian di stadion dan juga posko Muhammadiyah," terang Halimah.

Halimah menyebut terdapat hampir 20 orang anak usia 1-6 tahun, dan ratusan balita disetiap lokasi pengungsian. Oleh karena itu kebutuhan popok, susu, selimut, adalah perlengkapan yang banyak dibutuhkan oleh para pengungsi. Selain itu, pembalut juga banyak dibutuhkan oleh para pengungsi perempuan.

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

(QS. Ali 'Imran: 104)

Jl. Menteng Raya No. 62, 10340, Jakarta Pusat Telp/Faks: 021-3918318
Jl. Gandaria I/1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan Telp/Faks: 021-7260492
Jl. KH. A. Dahlan 32, Yogyakarta 55161. Telp/Faks: 0274-562171 | 0274-540009