PIMPINAN PUSAT ‘AISYIYAH
‘AISYIYAH PUSAT

Jum'at Berkah : Ta'awun Sosial PDA Paser

Jum'at Berkah : Ta'awun Sosial PDA Paser

Selasa, 23 Februari 2021

Secara rutin, Majelis Sosial Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Paser melakukan kegiatan ta'awun sosial Jum'at Berkah dengan memberikan makanan secara gratis kepada warga yang membutuhkan. Hakimah Suryani dari MKS PDA Paser saat dihubungi (25/2) menyatakan bahwa awal mula kegiatan ini berlangsung adalah karena adanya keinginan dari ibu-ibu 'Aisyiyah untuk membantu Rumah Sakit Muhammadiyah yang baru dirintis oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Paser. "Pada waktu itu kami memulai dengan memberikan pelayanan kepada para keluarga pasien, yaitu memberikan makan gratis setiap hari Jum'at," kisah Suryani.

Kemudian ia melanjutkan kegiatan Jum'at berkah ini kemudian berpindah lokasi di Masjid Syuhada' yang merupakan masjid Muhammadiyah. Di lokasi yang baru tersebut tim Jum'at Berkah PDA kemudian bekerjasama dengan ibu ibu Majelis Taklim Asy Syahidah yg merupakan binaan Majelis Tabligh PRA Syuhada'.

Suryani menyampaikan bahwa kegiatan Jum'at Berkah ini dilakukan secara mandiri oleh MKS PDA dan kemudian mendapatkan respon positif dari warga 'Aisyiyah sehingga banyak yang turut memberikan donasinya. "Kami sangat bersyukur karena banyak para donatur yang bersedia mendukung kegiatan ini, kebetulan kami memang membuka donasi setiap jum'at via transfer rekening maupun cash dan alhamdulillah disambut baik oleh pengurus dan warga 'Aisyiyah bahkan para simpatisan karena kami mengelola secara tansparan."

Dari banyaknya bantuan yang masuk tersebut MKS PDA kemudian akhirnya dapat membentuk tim dapur Syuhada' yang bertugas untuk memasak sendiri nasi kotak Jum'at Berkah dengan menu-menu yang bervariasi.

"Pada awalnya kegiatan ini memberikan sebanyak lima puluh porsi bagi keluarga pasien di Rumah Sakit, akan tetapi saat ini sudah dapat mencapai 250 sampai 300 nasi box yang kami siapkan." Selain itu, menurut Suryani para simpatisan juga ada yang memberikan bantuan langsung berupa nasi bungkus, camilan, dan air mineral yang dapat kita bagikan kepada masyarakat sehingga nasi yang dibagikan dapat berjumlah hingga 500 paket.

Saat situasi pandemi Covid-19, Suryani mengakui bahwa kegiatan Jum'at Berkah ini sempat terhenti kurang lebih dua bulan. Akan tetapi melihat kondisi masyarakat yang semakin membutuhkan dan sejak dibukanya kembali masjid untuk ibadah, kegiatan jum'at berkahpun dimulai kembali.

Suryani berharap kegiatan ini terus berlanjut dan dapat memberikan manfaat yang lebih luas sehingga dapat menjadi salah satu sarana dakwah 'Aisyiyah dan tentu saja penggerak kegiatan Ta'awun Sosial di 'Aisyiyah Paser. "Kami terus berupaya meningkatkan kemanfaatan program ini dan berencana untuk menambah variasi bantuan misalkan dalam bentuk berbagi sayur lauk dan sembako. (Suri)

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

(QS. Ali 'Imran: 104)

Jl. Menteng Raya No. 62, 10340, Jakarta Pusat Telp/Faks: 021-3918318
Jl. Gandaria I/1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan Telp/Faks: 021-7260492
Jl. KH. A. Dahlan 32, Yogyakarta 55161. Telp/Faks: 0274-562171 | 0274-540009