PIMPINAN PUSAT ‘AISYIYAH
‘AISYIYAH PUSAT

'Aisyiyah dan Lazismu DIY Dukung Keberlanjutan Program Penanggulangan TBC 'Aisyiyah

'Aisyiyah dan Lazismu DIY Dukung Keberlanjutan Program Penanggulangan TBC 'Aisyiyah

Rabu, 24 Februari 2021

Yogyakarta - Bertempat di kantor Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Daerah Istimewa Yogyakarta 9DIY), LazisMu DIY serahkan bantuan untuk program penanggulangan TBC Care ‘Aisyiyah DIY pada Sabtu (20/2). Dukungan Peduli TBC dari LazisMu DIY kali ini menandai semangat keberlanjutan program TBC Care ‘Aisyiyah yang dimotori oleh Majelis Kesehatan PWA DIY. Di masa transisi Program Penanggulangan TBC dari SR TBC Care ‘Aisyiyah DIY kepada SR Komunitas yang baru di DIY yaitu SR TBC Siklus Indonesia maka dukungan dari LazisMu untuk Pendampingan Pasien TBC RO sangat berarti.

Kegiatan ini di hadiri oleh dua orang perwakilan Lazismu DIY, Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah DIY, Ketua Majelis Kesehatan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah DIY, Kepala SR TBC Care ‘Aisyiyah DIY, Koordinator Program SR TBC Care ‘Aisyiyah DIY serta Case Manager dan Pasien Supporter TBC RO yang saat ini dikelola SR TBC Siklus Indonesia DIY.

Dalam sambutannya, Ismarwati selaku Ketua Majelis Kesehatan PWA DIY menyampaikan bahwa “Apa yang diberikan LazisMu sangat bermanfaat, di dalam Majelis Kesehatan ini ada program unggulan seperti mengatasi stunting, kesehatan reproduksi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat [PHBS] dan program penanggulangan TBC ini juga ada di dalam katergori penyakit yang berhubungan dengan infeksi.”

Usai penyerahan secara simbolis dan penandatanganan berita acara, M Rizal Firdaus selaku Staff Program Lazismu D.I. Yogyakarta menyampaikan “Peduli TBC merupakan bagian dari salah satu pilar LazisMu yaitu pilar kesehatan, artinya ada yang harus di prioritaskan dalam penanggulangan TBC ini. Harapannya bantuan pendampingan pasien TBC dari LazisMu ini tidak berakhir, namun ini sebagai awal untuk memotivasi pelaksanaan program penanggulangan TBC.”

Siti Zulaihah selaku Ketua PWA DIY menyampaikan bahwa sudah menjadi komitmen ‘Aisyiyah untuk terus berdakwah bagi mereka yang termasuk dhuafa mustadhafin. “Dengan semangat Al-Maun maka pasien yang di damping oleh TBC Care ‘Aisyiyah merupakan pasien dhuafa bukan orang yang sudah mandiri dan bisa kemana-mana sendiri. Justru komitmen kita ‘Aisyiyah ini bergerak di kalangan bawah, dakwah kita adalah justru di komunitas dhuafa yang mereka tidak memiliki akses, tidak memiliki pengetahuan dan tidak punya pendamping dan sebagainy, ‘Aisyiyah terpanggil dan bergerak.”

Bantuan awal yang diberikan kepada TBC Care ‘Aisyiyah berupa uang tunai sebesar Rp 5.000.000,- yang nantinya akan digunakan sebagai dana operasional program dan pendampingan pasien TBC. Kedepannya Kerjasama LazisMu dengan Program Penanggulangan TBC Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah DIY akan terus berkelanjutan dan berkesinambungan. Kegiatan kali ini juga bukti nyata pentingnya kerjasama multi stakeholder dalam Penanggulangan TBC untuk mewujudkan Eliminasi TBC 2030. (Rakhma – Koordinator Program SR TBC Care ‘Aisyiyah DIY)

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

(QS. Ali 'Imran: 104)

Jl. Menteng Raya No. 62, 10340, Jakarta Pusat Telp/Faks: 021-3918318
Jl. Gandaria I/1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan Telp/Faks: 021-7260492
Jl. KH. A. Dahlan 32, Yogyakarta 55161. Telp/Faks: 0274-562171 | 0274-540009