PIMPINAN PUSAT ‘AISYIYAH
‘AISYIYAH PUSAT

Ikhtiar Hadapi Covid-19, Muhammadiyah ‘Aisyiyah Dorong Gerakan Vaksinasi

Ikhtiar Hadapi Covid-19, Muhammadiyah ‘Aisyiyah Dorong Gerakan Vaksinasi

Selasa, 09 Maret 2021

“Muhammadiyah terus melakukan ikhitar bersama MCCC, ‘Aisyiyah, serta seluruh unit kelembagaan, juga amal usaha persyarikatan dan sampai saat ini ikhtiar itu tidak pernah kendor sehingga baik secara materi maupun ikhitar yang bersifat rohani dan langkah rasional objektif medis terus kita lakukan sampai pada jalan kita melakukan vaksinasi sekarang ini.” Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir dalam kegiatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Jl. Cik Di Tiro no.23, Yogyakarta pada Selasa (9/3).

Haedar menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 merupakan wabah yang harus diikhtiarkan solusinya bersama oleh masyarakat dan bangsa Indonesia salah satunya melalui vaksin. “Muhammadiyah, MCCC, ‘Aisyiyah, dan semua pihak terus menyebarluaskan bahwa kita harus terus melakukan usaha medis yang maksimal yang optimum termasuk lewat vaksinasi ini.” Disebutkan oleh Haedar bahwa upaya melakukan vaksinasi ini harus dihadapi bangsa Indonesia dengan bersungguh-sungguh sehingga diharapkan jika sudah 70% masyarakat yang melakukan vaksin nantinya akan tercipta herd immunity atau kekebalan kelompok yang sesungguhnya.

Lebih lanjut Haedar juga tetap menghimbau kepada masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan walaupun sudah melakukan vaksinasi Covid-19. Haedar menyampaikan bahwa vaksinasi bukan satu-satunya jalan untuk mengakhiri dan menghadapi Covid-19 tetapi merupakan satu dari sekian mata rantai usaha yang dilakukan. “Kita harus tetap mengikuti protokol kesehatan secara niscaya pada saat yang sama juga menjaga imunitas tubuh kesehatan kita dan tentu sebagai wujud beriman dan umat beragama terus berdoa kepada Allah agar pandemi ini dicabut oleh kuasanya.”

Pada acara yang dihadiri oleh tokoh senior Muhammadiyah ‘Aisyiyah sebagai penerima vaksinasi ini, Muhammad Subuh dari Kementrian Kesehatan RI, Pembayun Setyaning Astutie selaku Kepala Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta, serta Komarudin selaku Direktur PKU Muhammadiyah Yogyakarta ini Haedar juga menyayangkan bahwa di masyarakat masih beredar berbagai isu-isu yang tidak tepat bahkan menyesatkan terkait Covid-19 dan upaya-upaya pencegahannya.

Agus Taufiqurahman, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Kesehatan menyebutkan bahwa Pimpinan Pusat Muhammadiyah selalu menghadapi dengan serius. Sejak awal pandemi Pimpinan Pusat Muhammadiyah selalu berikhtiar menghadapi dampak pandemi Covid-19 termasuk dengan membentuk gugus tugas dalam hal ini adalah MCCC yang selalu melakukan kajian dan melibatkan berbagai pihak seperti akademisi, pemangku kebijakan, juga tim yang ditunjuk oleh negara untuk menyiapkan vaksin Covid-19. “Vaksinasi adalah bagian dari salah satu ikhtiar, maka Pimpinan Pusat Muhammadiyah memutuskan vaksinasi adalah bagian yang harus disiapkan serius oleh bangsa ini.”

Agus menegaskan bahwa Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendukung kegiatan vaksinasi yang memenuhi kriteria halal, aman, dan memiliki efektifitas sesuai standar WHO. “Ketika vaksin sudah dinyatakan halal oleh MUI dan badan POM telah mengeluarkan ijin untuk dipergunakan maka Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendukung seluruh kegiatan vaksiniasi ini.”

“Ketika ada pertanyaan apakah vaksinasi ini sesuai dengan kaidah agama, justru ketika Rasul berpesan jagalah sehatmu seblum sakitmu, di sinilah vaksinasi itu sesuai dengan perintah Rasul,” tegas Agus di akhir penyampaiannya. (Suri)

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

(QS. Ali 'Imran: 104)

Jl. Menteng Raya No. 62, 10340, Jakarta Pusat Telp/Faks: 021-3918318
Jl. Gandaria I/1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan Telp/Faks: 021-7260492
Jl. KH. A. Dahlan 32, Yogyakarta 55161. Telp/Faks: 0274-562171 | 0274-540009