PIMPINAN PUSAT ‘AISYIYAH
‘AISYIYAH PUSAT

Aksi Peduli Lingkungan LLHPB PWA Bali Melalui Green School

Aksi Peduli Lingkungan LLHPB PWA Bali Melalui Green School

Sabtu, 17 April 2021

Sebagai tindak lanjut dari program berkelanjutan Go Green milik LLHPB 'Aisyiyah, LLHPB PWA Bali merancang Gerakan Green School yang akan menjadikan SD 3 Muhammadiyah sebagai pilot project. Dalam kegiatan sosialisasi yang dilaksankan di Gedung Dakwah Muhammadiyah Bali pada Selasa (13/4) Hening Parlan dari LLHPB Pimpinan Pusat 'Aisyiyah menyatakan dukungannya atas rencana program ini.

Dalam pertemuan tersebut, Hening menjabarkan betapa pentingnya kemandirian dalam ranah lingkungan hidup dan kebencanaan, sehingga mampu membangun generasi yang akan datang/pengkaderan. Sebagai contoh yang telah dilakukan pada saat berbelanja menggunakan tas sendiri, sebagai langkah mengurangi sampah plastik. "Penguatan utama dalam gerakan tersebut adalah keluarga dan orang terdekat di lingkungan keluarga dan penguatan keluarga tersebut dapat bersinambung dalam ruang pendidikan melalui Green School khususnya di Bali," ujar Hening.

Hening berharap LLHPB Bali mampu membina dan mengkader pada AUA dan AUM sehingga memiliki Green School dan mendapatkan Adi Wiyata. Selain itu beliau mengharapkan LLHPB PWA Bali membentuk Relawan 'Aisyiyah sehingga mampu membuat dapur umum lengkap dengan prasarana dan mempu menerapkan proses memasak dalam jumlah besar melalui pelatihan-pelatihan.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 3, Ema Rosada meyatakan siap untuk menjadi piloting project bagi program Green School ini dan bahkan pihaknya sudah bersinergi dengan BPTP untuk mewujudkan Green School.

Dalam kegiatan ini berbagai respon muncul dari para undangan yang sangat antusias atas akan berlangsungnya gerakan Green School 'Aisyiyah. Ela Rahmawati dari SMA Muhammadiyah mengharapkan siswa-siswa mampu menerapkan pembuatan komposter agar dapat diterapkan di rumah masing-masing. Atfhal Erna selaku perwakilan dari TK ABA juga mengharapkan akan ada pendampingan bagi sekolah Muhammadiyah 'Aisyiyah lainnya terutama terkait perawatan dan pemanfaatan sampah plastik. Demikian pula yang disampaikaan oleh kepala sekolah SD 1 Muhammadiyah, Sugito yang masih memerlukan bantuan inovasi dan pemanfaatan lahan sempit yang penuh dengan bangunan, sehingga sekolah masih menunjukkan go green melalui green school.

Gerakan Go Green LLHPB PWA Bali ini akan bersinergi dengan Majelis Kesejahteraan Sosial dan Gerakan 'Aisyiyah Cinta Anak serta mendapat dukungan penuh dari Ketua PWA Bali, Takwalin. Ketua LLHPB PWA Bali, Setyarti dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama berbagai pihak sehingga dapat terlaksananya kegiatan ini dan mendorong sinergi lebih lanjut sehingga tercipta Green School di Bali.

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

(QS. Ali 'Imran: 104)

Jl. Menteng Raya No. 62, 10340, Jakarta Pusat Telp/Faks: 021-3918318
Jl. Gandaria I/1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan Telp/Faks: 021-7260492
Jl. KH. A. Dahlan 32, Yogyakarta 55161. Telp/Faks: 0274-562171 | 0274-540009