PIMPINAN PUSAT ‘AISYIYAH
‘AISYIYAH PUSAT

‘Aisyiyah Selalu Sepenuhnya Membela Palestina

‘Aisyiyah Selalu Sepenuhnya Membela Palestina

Kamis, 20 Mei 2021

“‘Aisyiyah sepenuhnya mendukung dan membela Palestina, serta mengutuk keras agresi dan segala tindakan sewenang-wenang Israel karena tidak sejalan dengan prinsip kemerdekaan dan perdamaian abadi yang menjadi komitmen seluruh bangsa dan umat manusia di muka bumi ini.” Hal tersebut diucapkan dengan tegas oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini dalam pidato Resepsi Milad ‘Aisyiyah ke-104 M pada Rabu (19/5).

Dukungan terhadap Palestina tersebut menjadi salah satu rekomendasi yang diusung oleh ‘Aisyiyah menanggapi situasi Indonesia dan dunia saat ini. Noordjannah juga mendorong seluruh warga ‘Aisyiyah Muhammadiyah untuk terus menebar kebaikan dalam kemanusiaan semesta. “Gerakan perdamaian dunia, dan Gerakan anti perang seperti dalam membela bangsa Palestina dari agresi Israel, perlindungan perempuan dan anak dari segala ancaman kekerasan sebagai perwujudan dari dakwah rahmatan lil-‘alamin.”

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir menyebutkan bahwa pengalaman Indonesia mengalami pahitnya penderitaan penjajahan selama ratusan tahun membuat masyarakatnya yang sadar memahami rasa senasib sepenanggungan dengan Palestina. Oleh karena itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengajak seluruh elemen Persyarikatan memberikan dukungan terbaik kepada bangsa Palestina melalui dukungan nyata berupa donasi dan do’a.

“Maka kita bisa berempati, bersimpati bahwa betapa hidup sebagai bangsa Indonesia. Setelah tahun 1948 (Palestina) dirampas hak-haknya dalam kurun lebih dari 75 tahun mereka harus berjuang jatuh bangun dan berapa ribu nyawa melayang sebagai syuhada,” pesannya saat menyampaikan amanat dalam Resepsi Milad 104 tahun ‘Aisyiyah.

Selain mendorong doa dan donasi, Haedar mengingatkan warga Persyarikatan untuk tidak larut dalam dunia semu pertarungan narasi soal Palestina di media sosial hingga melalaikan kegiatan-kegiatan produktif yang nyata untuk keumatan, bangsa dan kemanusiaan. (Suri)

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

(QS. Ali 'Imran: 104)

Jl. Menteng Raya No. 62, 10340, Jakarta Pusat Telp/Faks: 021-3918318
Jl. Gandaria I/1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan Telp/Faks: 021-7260492
Jl. KH. A. Dahlan 32, Yogyakarta 55161. Telp/Faks: 0274-562171 | 0274-540009