PIMPINAN PUSAT ‘AISYIYAH
‘AISYIYAH PUSAT

Noordjannah Ajak Warga 'Aisyiyah Terus Produktif Berikan Harapan bagi Bangsa

Noordjannah Ajak Warga 'Aisyiyah Terus Produktif Berikan Harapan bagi Bangsa

Minggu, 30 Mei 2021

"'Aisyiyah sebagai organisai perempuan muslim Muhammadiyah yang sudah berkiprah lebih dari satu abad memiliki tanggung jawab dakwah yang semakin berat." Hal tersebut disampaikan Ketua Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Kota Malang, Sri Herawati pada kegiatan Milad 'Aisyiyah ke-104 M dan Silaturahim yang dilaksanakan secara daring pada Rabu (26/5).

Akan tetapi menurutnya, 'Aisyiyah Kota Malang terus bergerak meneguhkan keislaman sekaligus menguatakan umat agar menjadi khoiruh ummah yang memberi manfaat bekerjasama dengan pemerintah dan komponen masyarakat lain yang ada di Kota Malang. Herawati menyebutkan bahwa secara konsisten 'Aisyiyah Kota Malang terus melakukan gerakan amal sosial termasuk di masa pandemi saat ini yang dilakukan di seluruh enam cabang dan 61 ranting yang ada.

Ia menyebut kegiatan seperti perempuan mengaji, ta'awun sosial, pembinaan kesehatan dan ekonomi (melalui PHBS, Keluarga Sakinah, Sekolah Ibu, GISI, Gerakan Anti Stunting, TB Care), kegiatan ekonomi (melalui model peningkatan ekonomi UMKM, BUEKA, Edukasi Literasi Keuangan Keluarga), mengirim guru mengaji ke Lapas sekaligus penyuluhan, pendampingan hukum 'Aisyiyah melalui LKBH, TASKA atau Tabungan Amal Soleh Keluarga 'Aisyiyah (yang dipergunakan untuk membantu penyelesaian utang, pengembangan pendidikan kesulitan SPP, bedah rumah, kesulitan gizi keluarga), kegiatan damai bersama, juga kegiatan pemulasaraan jenazah. Semua kegiatan yang dilakukan menurutnya sudah sangat sesuai dengan pesan Milad 104 M 'Aisyiyah yakni Merekat Persatuan Menebar Kebaikan sekaligus juga merupakan kiprah nyata 'Aisyiyah yang sesuai dengan amanat Tanwir II 'Aisyiyah di tahun 2020.

Ketua Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) Jawa Timur, Siti Dalilah Chandrawati sangat mengapresiasi kinerja yang telah dilakukan oleh 'Aisyiyah Kita Malang. "Dengan agenda yang demikian banyak, secara kontinue seluruh Kota Malang terus bergerak secara dinamis menunjukan kiprah 'Aisyiya di tengah kehidupan masyarakat."

\Widayati Sutiaji, selaku Ibu Walikota Kota Malang yang juga Ketua Penggerak PKK Kota Malang menyampaikan rasa terimakasihnya dan apresiasi yang setingginya kepada 'Aisyiyah yang telah mendarmabaktikan di tengah kompleksitas tantangan masyarakat saat ini.

"Sebagai organisai yang memiliki sejarah yang panjang, 'Aisyiyah mempunyai kekuatan berkerja bersama sebagai elemen untuk mengatasi problem kemanusiaan dan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat secara luas," ujar Widayati.

Ketua Umum Pimpinan Pusat 'Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini, dalam amanat Miladnya mengajak seluruh warga 'Aisyiyah untuk memaknai Milad bukan hanya sebagai bentuk tasyakur tetapi juga sebagai refleksi bagaimana perjalanan 'Aisyiyah hingga saat ini. Ia meyakini bahwa seluruh Pimpinan Daerah di Jawa Timur terus bergerak mencerahkan serta mengedepankan best practice dari praktik keunggulan ber-'Aisyiyah, praktik keunggulan dakwah yang senyatanya hadir di masyarakat.

Ia mengapresiasi gerak dakwah dari 'Aisyiyah Kota Malang yang mengikuti amanah yang disampaikan dalam Tanwir II 'Aisyiyah serta telah mengejawantahkan tema Milad kali ini dengan baik. Menurutnya 'Aisyiyah Muhammadiyah memang terkenal sebagai organisasi yang bergerak secara organisatoris serta sistematis. Hal ini sudah diakui bahkan oleh peneliti internasional bernama James L Peacock. Disampaikan Noordjannah bahwa Peacock menyebut bahwa 'Aisyiyah sebagai gerakan organisasi perempuan muslim yang terbesar menjadi fenomenal karena perempuan muslim beroganisasi secara disiplin sistematis menggunakan cara modern serta berkolaborasi dengan koletifitas yang tinggi dengan manajemen yang baik.

Noordjannah mengejak segenap warga 'Aisyiyah merefleksikan dan mensyukuri kesejarahan 'Aisyiyah yang sebegitu rupa, merawat sistem yang ada, serta menerima tantangan jika ada tuntutan untuk lebih maju. Walaupun menurutnya tantangan saat ini terus berkembang dan semakin meluas tetapi ia yakin seluruh warga 'Aisyiyah dapat terus menggerakan 'Aisyiyah secara produktif. "Semoga kita tetap bisa menjalankan 'Aisyiyah secara produktif, menggembirakan, memberikan harapan bagi umat dan bangsa serta kita bermohon 'Aisyiyah yang kita citai ini terus mendapatkan perlindungan Allah Swt." (Suri)

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

(QS. Ali 'Imran: 104)

Jl. Menteng Raya No. 62, 10340, Jakarta Pusat Telp/Faks: 021-3918318
Jl. Gandaria I/1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan Telp/Faks: 021-7260492
Jl. KH. A. Dahlan 32, Yogyakarta 55161. Telp/Faks: 0274-562171 | 0274-540009